Beberapa Poin Penting yang Mesti Ditulis dalam CV Lamaran Kerja

Banyak pelamar pekerjaan yang belum juga tahu bagaimana langkahnya menulis curriculum vitae atau CV. Walau sebenarnya, CV dibutuhkan perekrut untuk lihat daftar pengalaman dan ketrampilan yang Anda punyai. Bila Anda terasa masih tetap bingung dalam menulis CV, simak tujuh hal yang perlu berada di dalam  tips dan contoh CV lamaran kerja kreatif di bawah ini :

1. Data Pribadi
Chalifatunissa sebagai HR Senior di Experd Consultant, hal pertama yang perlu tercantum yaitu data pribadi. Dibagian ini, isilah jati diri pribadi Anda seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dan nomor telepon serta e-mail yang dapat dihubungi. Baiknya, manfaatkanlah e-mail resmi yang memakai nama panjang Anda, bukanlah nama aneh yang susah untuk di baca.

2. Gambaran Diri
Dituturkan oleh direktur operasional di website Office Angels, Darren Roscoe, gambaran mengenai diri Anda yaitu peluang yang bagus untuk mempromosikan diri. Tulislah sejumlah tiga atau empat kalimat ringkas yang dapat menarik perhatian perekrut serta inginkan mereka ketahui semakin banyak mengenai Anda.

” Buat gambaran diri lebih sederhana, pakai kata ganti orang pertama, serta check kembali tulisan itu untuk hindari kekeliruan ejaan. Rangkumlah dalam 200 kata siapa diri Anda, pekerjaan, ketrampilan yang dipunyai, dan maksud dalam berkarier, ” papar Darren.

3. Pendidikan serta Pelatihan
Chalifatunissa yang lulusan S-1 jurusan Psikologi di Kampus Tarumanagara Jakarta meneruskan, lengkapi CV Anda dengan daftar pendidikan, baik resmi ataupun informal. ” Pendidikan resmi yang tercantum dari sekolah menengah atas serta pendidikan resmi paling akhir yang dienyam. Untuk pendidikan informal, tercantum yang memanglah terkait dengan lamaran pekerjaan yang disebut, ” papar Chalifatunissa waktu diwawancara Wolipop lewat e-mail, Senin (5/9/2016).

4. Pengalaman
Setelah itu, Anda dapat menuliskan pengalaman bekerja diawali dari tempat yang beberapa waktu terakhir dihuni. Tetapi bila Anda yaitu fresh graduate, Anda bisa memberikan pengalaman organisasi atau aktivitas universitas yang sempat dibarengi.

Pengalaman kerja juga akan memberi deskripsi pada pemberi kerja, apakah pelamar ini telah mempunyai jam terbang yang cukup atau masih tetap terbatas. Jadi di bagian ini, sebaiknya dituliskan dengan detil supaya bisa lebih gampang dipahami cakupan kerja yang dikerjakan, ketrampilan yang dipunyai, dan dapat memprediksi nilai penambahan dari masing-masing calon.

5. Ketrampilan Tambahan
Hal setelah itu yang dapat ditulis didalam CV lamaran kerja yaitu memberikan ketrampilan yang dipunyai. Umpamanya saja kekuatan bhs asing atau ketrampilan computer. Dibagian ini Anda dapat menerangkan sejauh mana Anda kuasai bhs asing itu atau aplikasi apa sajakah yang dikuasi dan hingga step apa Anda menguasainya.

6. Prestasi
Janganlah lupa juga untuk memasukkan daftar-daftar prestasi yang sempat Anda capai. Terangkan apa prestasinya, th. berapakah diadakan, serta siapa penyelenggaranya. Namun yakinkan juga untuk memberikan prestasi yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar.

7. Rujukan
Disebutkan oleh Darren, kerjakan CV lamaran kerja Anda dengan paling tidak dua rujukan orang yang ketahui Anda dengan baik. Sertakan nama, jabatan, perusahan tempatnya bekerja, telepon, serta e-mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *