Cara Cepat Memahami Not Angka Dalam Bermusik

Tangga suara terbagi dalam Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si atau umum ditulis 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (sol), 6 (la), 7 (si) 1 (do’ tinggi). Tujuh tangga suara pertama dalam posisi tangga suara diatonik dimaksud dengan do. Do dilambangkan dengan angka 1, re dengan angka 2, demikian selanjutnya.

Sesaat, diatonik yaitu tangga (taraf) suara musik yang setiap oktafnya bernada delapan. Berlainan dari pentatonik yang terdiri atas lima suara seperti pada gamelan, sape (gitar orang-orang Dayak-Kalimanatan), hasapi (gitar orang-orang Batak), kacapi (alat petik orang-orang Sunda). Ada juga arti kromatis yang bermakna tangga suara turun serta naik 1/2 suara.

Not angka atau notasi musik (notasi angka), not ditetapkan dengan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Suara 1 tanpa ada sinyal titik yaitu suara C. Sedang apabila ada satu titik diatas not bermakna naik satu birama dari suara awal mulanya. Sesaat bila ada satu titik dibawah not bermakna turun dari suara awal mulanya sejumlah satu birama. Kodefikasi angka ini terkait dengan tinggi rendahnya suara, umpamanya mi (3) dengan sol (5), itu bermakna sol (5) lebih tinggi dari mi (3).

Bila dalam satu lagu, suara dasarnya G serta ada tulisan 4/4/itu tujuannya tunjukkan sinyal birama pada ritme lagu yang juga akan dinyanyikan ada empat ketukan. Pertama ketukan mesti kuat, lantas tiga ketukan selanjutnya lebih perlahan (lemah), semasing apabila dihitung tiap-tiap ketukan sejumlah seperempat. Bila ada tulisan tempo 44, bermakna ada 44 ketuk.

Dalam notasi musik ada lambang serta arti sendiri seperti sinyal Crescendo serta sinyal Decrescendo yang bermakna ada perubahan dinamika dari alunan keras lantas kembali perlahan-lahan.

Apa perlunya membaca not angka dalam bermusik? Perlu sekali karna dengan dapat membaca not angka bermakna bisa memainkan satu lagu walau lagu itu belum juga sempat didengar terlebih dulu. Baik dengan alat musik saja (instrumen) ataupun dengan penambahan vokal (nada) serta musik.

Berlainan dengan orang yang dapat memainkan musik berdasar pada otodidak. Ia mesti dengarkan terlebih dulu, baru lalu bisa menyanyikannya kembali. Dalam bermusik ada orang yang lebih gampang menyerap lewat praktek segera bermusik.

Ada juga yang dapat langkah baca not angka namun belum juga pasti mahir bermusik serta demikian sebaliknya juga sekian. Tetapi, banyak juga yang jenius dalam bermusik. Pakar memainkan alat musik sekalian kuasai tehnik vokal, serta membaca not angka.

Suara basic pada not angka ini yaitu standard patokan. Bila suara dasarnya tidak ditetapkan terlebih dulu. Jadi nanti nadanya jadi tidak pas (tidak cocok). Suara basic biasanya diawali dari C sama juga dengan do ditulis C = do. Umpamanya, bila suara dasarnya C bermakna kemudian kord (umum dimaksud oleh orang pemula dengan kunci) D, E, F, G A, B, C. Bila nadanya G, susunannya jadi G A B C D E F# G. Hal semacam ini berlaku juga untuk suara basic A = do, susunannya juga beralih.
Ketidaksamaan Not Balok serta Not Angka
Umpamanya dalam piano atau keyboard diperlukan partitur. Partitur ini tunjukkan not serta kord/kunci apakah C, F, G, A, B, D. Terkadang dalam orang-orang pemula ada pandangan kalau not balok dipandang lebih susah dari pada not angka. Ketidaksamaannya kurang lebih seperti di bawah ini :

A. Keunggulan not balok

Peletakan atau penunjukkan letak serta tempat not, pas, terang serta akurat. Jadi, akan tidak tertukar pada suara yang tinggi serta suara yang rendah.
Ada sinyal dari nilai not seperti gambar bendera yang di beri blok warna hitam atau warna putih di bagian kepala not. Hal semacam ini perlu sekali untuk menandai nilai dari not satu lagu.
Lewat not balok pemain dari manapun di semua dunia akan memainkan satu lagu meskipun lagu itu belum juga sempat ia dengar.
Kekurangan not balok karna menuliskannya tambah lebih rumit. Terlebih untuk yang belum juga punya kebiasaan sekalipun. Akan tidak dapat segera membaca walau itu seseorang musikus (pemain musik).
Not balok ditulis dengan sinyal 5 garis serta 4 spasi umum dimaksud juga “garis paranada. ”

B. Keunggulan not angka

Menuliskannya lebih gampang serta untuk beberapa orang terutama pemula bisa mengertinya secara cepat. Kekurangan not angka yaitu tidak bisa tunjukkan letak serta tempat tuts pada piano/keyboard. Terlebih untuk suara rendah serta suara tinggi. Diluar itu, not angka tidak bisa tunjukkan berapakah nilai ketukan (nilai not) karna tidak ada “bendera” seperti pada not balok.
Not Angka dalam Digital Software

Bersamaan dengan perubahan TIK (tehnologi info komunikasi) yang dalam bhs mudahnya dimaksud internet. Saat ini, tidak bebrapa sulit sekali lagi mencari not angka serta not balok pada lagu spesifik. Ada banyak lagu yang telah ada not angkanya. Tinggal didownload serta bisa dipelajari sendiri dirumah.

Penulisan not angka dapatlah dikerjakan dengan hape/hp pandai/gadget mutakhir berbasiskan system android atau Apple. Ada beberapa aplikasi musik serta Anda dapat buat sendiri program MIDI musik. Ada juga software untuk ketahui not angka dari satu lagu.

Pertama sekali diunduh lantas diinstall. Sesudah diinstall lantas buka aplikasi serta tentukan lagunya kemudian Compose. Tekan tombol Play, pembacaan not angka juga akan jalan automatis/mencatat angka hingga usai.
Beberapa Jenis Arti dalam Musik

Ada beberapa arti yang ada dalam musik diantaranya :

Irama, sinyal birama atau ketukan yang teratur.
Tempo, tempo terkait beat satu lagu, cepat-pelan-lambat. Ukurannya satu tempo ketukan dinyatakan dalam menit. Tempo ini banyak jenisnya. Menurut JN Maelzel (1814) tempo dibagi dalam khidmat (grave), lambat berperasaan (adagio), lambat (largho).
Dinamik, perubahan bunyi, kuat atau lembut serta perlahan. Sinyal (lambang) yang dipakai diantaranya : Lembut, pianissimo (pp) begitu lembut, piano (p) lembut, mezzopiano (mp) tengah lembut. Kuat, fortissimo (ff) begitu kuat, forte (f) kuat, mezzoforte (mf) agak kuat.
Aransemen, memberikan sisi dari tiap-tiap iringan serta serasi baru.
Improvisasi, vokal atau instrumen melalukan spontanitas dalam bermusik serta tetap dalam bingkai bebrapa suara yang pas/sesuai sama.
Fals, arti untuk mengatakan nada vokal tidak mempunyai suara, irama. Tidak “masuk” pada nada musik serta nada penyanyi (vokal).

Langkah Baca Not Angka

Untuk mengisyaratkan tangga suara diatonis dibagi dalam dua sisi yaitu mayor serta minor. Ciri dari tangga suara mayor memakai suara do (1) dengan alur jaraknya 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½. Biasanya lagu-lagu dalam suara mayor yaitu lagu-lagu senang. Sedang untuk suara minor cirinya yaitu suara basic memakai suara ke 6. Alur interval jaraknya 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1. Suara minor biasanya dipakai untuk bebrapa suara sedih. Pemula yang menginginkan sekali belajar not angka waktu banyak tersedia buku serta aplikasi yang bisa didownload.

Rajin berlatih, banyak ajukan pertanyaan pada pakar. Ditanggung, dalam 30 menit Anda tentu dapat membaca not angka. Sedang untuk kwalitas bermusik rajin serta telaten selalu dalam berlatih. Konsentrasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *